Minggu, 29 Juni 2008

Tugas Akhir IMK

Kesimpulan

Sebelum mengembangkan sebuah web, sebaiknya kita harus memahami prinsip-prinsip usability. Agar web yang kita hasilkan sesuai dengan keinginan user. Tidak membingungkan user saat user menghadapi web kita. Tanpa memperhatikan aspek-aspek usability mungkin tampilan web kita cukup membosankan bagi pengguna dan akhirnya pengguna meninggalkan web kita.

Seperti yang di tuliskan oleh Jakob Nielsen dalam bukunya : Usability is a quality attribute that assesses how easy user interfaces are to use. The word "usability" also refers to methods for improving ease-of-use during the design process Usability adalah suatu atribut kualitas yang mengukur tingkat kemudahan user interface untuk digunakan.

Jika dilihat dari sisi usability-nya, web Presiden RI mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari web ini adalah : Logo dan nama web yang jelas, adanya peta situs, menu bar yang konsisten, scrolling yang efektif, content yang selalu di-update, kesesuaian font dan pewarnaan. Sedangkan kekurangannya diantaranya adalah tidak adanya breadcrumb, link yang pewarnaanya kurang baik, menu yang aktif tidak mengalami perubahan, tidak adanya paging ,dan kerancuan bahasa.

Dengan demikian, sebuah web yang bagus diantaranya memenuhi beberapa kriteria berikut ini :

· Logo dan nama perusahaan atau organisasi harus diberikan di header halaman web

· Peta Site (site-map) yang jelas

· Menu bar yang konsisten dan tidak menyesatkan

· Informasi yang disajikan menarik dan berbobot serta ter-up-date

· Menarik dan fast-loading

· Konsisten

· Memudahkan pengunjung misalnya dengan menyediakan fasilitas search

· Link yang relevan

· White space yang optimal penggunaannya

· Kesesuaian font dan pewarnaan

Saran

Laporan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembang dalam mengembangkan web Presiden RI dengan tetap memperhatikan web usability-nya. Perbaikan seharusnya dapat dilakukan sesegera mungkin supaya professinalitas web dapat dipertahankan. Sehingga pengguna tetap meletakkan kepercayaan pada web ini.


Daftar Pustaka

Chak A. 2003. Submit Now. New Riders Publishing

Nielsen J. 2003. Introduction to Usability.

http://www.useit.com/alertbox/20030825.html

http://aferai.multiply.com/journal/item/9

Tidak ada komentar: