Minggu, 29 Juni 2008

Tugas Akhir IMK

Kelebihan web www.presidenri.go.id:
  1. Posisi logo dan nama organisasi pada web ini berada di bagian kanan atas menurut saya bukan suatu permasalahan, meskipun posisi logo dan nama organisasi yang menjadi ketentuan umum adalah di bagian kiri atas. Mungkin tujuan pengembang web ini meletakkan logo dan nama organisasi di posisi kanan atas supaya pengunjung dapat langsung mengerti bahwa web ini juga terhubung dengan web Istana negara dan web Ibu Ani Yudhoyono, dimana link kedua web ini berada di kanan atas. Selain itu juga, melihat dari kebiasaan user dimana arah kursor yang selalu berada dekat dengan scroll. Tampilan logo dan nama organisasi dapat dilihat pada gambar berikut.
  2. Menu Bar pada web ini sudah konsisten antara halaman yang satu dengan yang lain. Seluruh Menu Bar pada situs ini mewakili link-link tertentu dengan jelas dan tidak menyesatkan pembaca. Menu Bar juga bisa disebut shortcuts karena aktivitas pengguna pada web ini menjadi cepat (tidak perlu mengetikkan alamat lagi). Berikut ini tampilan Menu bar:

  1. Web ini cukup baik dalam penggunaan scrolling karena rata-rata hanya membutuhkan satu kali scrolling untuk menampilkan semua informasi yang ada pada setiap halaman.
  2. Web ini telah menyajikan berita yang selalu ter-update. Setiap hari selalu ada berita terbaru selain mengenai aktivitas presiden Susilo Bambang Yudhoyono, juga mengenai kebijakan-kebijakannya. Akan tetapi tidak ada pemberitahuan jangka waktu meng-update berita-berita yang ada. Misalnya pada saat web ini mulai dianalisis yaitu tanggal 28 Mei 2008, web ini menampilkan berita tanggal 28 Mei 2008. Kondisi tersebut ditunjukkan oleh gambar berikut ini.

Tidak ada komentar: